Sabtu, 04 Oktober 2014

HAKEKAT FILSAFAT

Nanda Putri Amalia
11313244012
Pendidikan Matematika Internasional

Assalamu'alaykum wr.wb.
Saya akan merefleksikan ilmu yang saya dapatkan dari pertemuan kelas filsafat matematika pada tanggal 30 September 2014.
Berbicara tentang filsafat, filsafat merupakan sifat alamiah dari setiap manusia (nature). Hakekat dari filsafat adalah bertanya. Setiap kita sedang melakukan aktifitas bertanya, maka saat itu kita sedang berfilsafat. Oleh karena itu seringkali dibilang bahwa setiap manusia adalah seorang filsuf bahkan sedari kecil. Karena dengan bertanya, maka di saat itulah kita berfikir. Namun pertanyaan setiap manusia mempunyai dimensi yang berbeda-beda sesuai dengan pengalaman yang telah ia peroleh. Sehingga membuat tingkatan filsafat dari setiap manusia pun berbeda-beda.
Hakekat filsafat ini berhubungan dengan penerapan dari kurikulum 2013. Di dalam kurikulum 13 terdapat 5 komponen pokok dimana salah satunya adalah "menanya". Namun, sebelum siswa masuk ke dalam kegiatan menanya, siswa diberi suatu pengalaman yaitu "mengamati". Dari situlah dimensi pertanyaan siswa terbentuk.
Kembali ke bahasan manusia sebagai seorang filsuf, manusia tidak akan bisa berhenti menjadi seorang filsuf. Karena pada dasarnya, bertanya adalah hakekat manusia itu ada. Tidak ada manusia yang berhenti bertanya, karena ketika mereka berhenti bertanya berarti mereka sudah merasa jelas akan suatu hal. Sedangkan tidak akan mungkin manusia mencapai kepuasan dimana mereka mengetahui betul akan sesuatu hal yang ia tanyakan. Contohnya ketika manusia memikirkan pensil, dan menanyakan satu pertanyaan "terbuat dari apa pensil ini?" maka akan muncul pertanyaan selanjutnya.
Ada tiga hal yang diketahui pikiran manusia dalam dunia ini:

  1. Hal yang kita tahu
  2. Hal yang kita tahu bahwa kita tidak tahu
  3. Hal yang kita tidak tahu bahwa kita tidak tahu
Oleh karena itu tidak ada hal yang tidak ada di dunia ini, yang ada hanya kita belum tahu bahwa hal itu ada.
Alasan megapa kita harus mempelajari hakekat dari bertanya, atau filsafat, adalah agar kita mengetahui betapa pentingnya "bertanya", kita akan mengetahui mengapa kita harus bertanya, dan pertanyaan-pertanyaan yang kita tanyakan dapat meningkat dimensinya.
Sekian refleksi dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu'alaykum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar